perintah dan larangan Allah SWT


لا تنفعه طاعتك ولا تضره معصيتك وإنما أمرك بهذه ونها ك عن هذه لما يعود عليك
Ketaatanmu tidak bermanfat bagi Allah SWT, dan kemaksiatanmu tidak membahayakan-Nya. Sesungguhnya Allah SWT memerintahkanmu berbuat taat, dan melarangmu berbuat maksiat, karena setiap perbuatan kembalinya kepadamu juga”
ENGKAU TAAT ATAU DURHAKA, ALLAH SWT TIDAK UNTUNG JUGA TIDAK RUGI
Syariat yang diturunkan oleh Allah SWT dan ditaklifkan kepada hamba-Nya merupakan jalan yang paling ideal untuk kebaikan kehidupan manusia baik secara individual ataupun secara sosial. Karenanya kewajiban seorang hamba adalah mentaati Allah SWT, tetapi bukan untuk Allah SWT, melainkan untuk kepentingan si hamba sendiri. Allah SWT tidak akan beruntung apabila semua manusia di permukaan bumi ini mentaati-Nya, juga tidak akan rugi apabila manusia semesta alam bersama-sama makhluk lainnya bermaksiat kepada Allah SWT. kepatuhan hamba kepada Allah SWT tidak memberi  manfaat dan tidak mendatangkan bahaya kepada Allah SWT.
Allah SWT dengan segala sifat-sifat kesempurnaan-Nya tidak bergantung kepada siapa pun,dan  tidak mengambil manfaat dari siapa pun. Karena itu, selain Allah SWT tidak patut dijadikan tempat menghambakan diri dan tidak patut untuk tempat memohon pertolongan.
Di dunia ini Allah SWT memberlakukan dua hukum yang saling berkaitan. Pertama adalah nidhom kauny (hukum alam) dan yang kedua adalah nidhom tasyri’i (hukum syariat). Nidhom kauny adalah hukum atau aturan yang berlaku pada alam raya ini. Hukum ini adalah hukum yang telah Allah SWT isyaratkan dalam Al Quran ketika menceritakan pertemuan antara Nabi Musa a.s dan Fir’aun.
قال ربنا الذي أعطي كل شيئ ثم هدي (طه:50)
Musa berkata: "Tuhan kami ialah (Tuhan) yang Telah memberikan kepada tiap-tiap sesuatu bentuk kejadiannya, Kemudian memberinya petunjuk” (Q.S. Thoha:50)
Maksudnya, Tuhan kami ialah Dia yang telah menciptakan segala sesuatu dan  memberikan akal, instink (naluri) dan kodrat alamiyah untuk kelanjutan hidupnya masing-masing.
Pada tempat yang lain Allah SWT juga menyebutkan tentang kejadian ini
سبح اسم ربك الأعلي الذي خلق فسوي والذي قدر فهدي(الأعلي:1-3)
 "Sucikanlah nama Tuhanmu yang Maha Tinggi. Yang Menciptakan, dan menyempurnakan (penciptaan-Nya). Dan yang menentukan kadar (masing-masing) dan memberi petunjuk” (Q.S. Al A’la:1-3)
Sedangkan nidhom tasyri,i ialah hukum atau aturan yang Allah SWT tetapkan untuk menyelaraskan hubungan antara manusia dengan alam dan dengan sesama manusia itu sendiri. Bagaimana ia bersikap dengan lingkungan sekitar, alam ,bumi dan segala hal yang terkandung didalamnya. Bagaimana ia menyesuaikan diri dengan zaman dan tempat yang memiliki karakter yang berbeda-beda. Dan bagaimana menjalani hubungan dengan sesama manusia. Semua itu di atur dalam nidhom tasyri’i.
Agar nidhom tasyri’i ini dapat terealisasi dalam kehidupan manusia, maka dibutuhkan adanya suatu pendorong yang dapat mengajak manusia untuk menjalankan nidhom tasyri’i ini dengan suka rela tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Pendorong ini tidak lain adalah aqidah islam serta segala bentuk ibadah yang mencakup perintah dan larangan-Nya yang dapat menguatkan aqidah tersebut.
KEWAJIBAN TAAT PADA ALLAH SWT
Setelah kita mengetahui bahwa perintah dan larangan Allah SWT adalah bagian dari nidhom tasyri’i, maka apa bukti yang bisa meyakinkan kita dengan apa yang dikatakan oleh Ibnu ‘Athoillah dibagian kedua yakni   bahwa sesungguhnya Allah SWT memerintahkan kita berbuat taat, dan melarang kita berbuat maksiat, karena setiap perbuatan kembalinya kepada kita juga.
Coba renungkanlah tentang nidhom kauny yang berlaku di dunia ini. Tentang benda-benda  angkasa yang tak terhitung jumlahnya, tentang angkasa raya yang begitu luas, yang dengan segala keteraturan dan keselarasannya pergerakan mereka merupakan suatu keseimbangan dan keajaiban yang maha dahsyat. Tentang angin, udara dan awan yang berada diantara langit dan bumi serta hal-hal yang berkaitan dengannya seperti proses kejadian hujan. Tentang permukaan bumi yang bulat namun terasa terhampar sehingga kita dapat menjelajah sentero penjuru dunia ini tanpa harus terperosok ataupun terjatuh. Tentang gaya gravitasi bumi yang sesuai dengan seluruh pergerakan di muka bumi ini. Juga tentang kekayaan yang terkandung di dalam perut bumi, sesuatu yang tumbuh di permukaannya, maupun sesuatu yang terpancar darinya dan segala hal yang ada di dunia yang begitu luas ini.
Segala keteraturan dan ketelitian hukum alam ini adalah untuk kemaslahatan manusia. Bumi dengan segala hal yang terkandung di dalamnya seperti air, gas, tumbuh-tumbuhan dan lain-lainnya ini Allah SWT sediakan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Begitu juga benda-benda langit yang telah Allah SWT rancang dengan sedemikian teliti dapat membantu kita untuk menunjukan waktu dan menyesuaikan keadaan zaman yang berhubungan dengan kehidupan kita.
Setelah kita mengetahui bahwa Allah SWT yang telah menetapkan –untuk memenuhi kebutuhan manuasia- nidhom kauny, kemudian Dia juga yang telah menetapkan –agar menjadi tujuan hidup manusia- nidhom tasyri’i untuk mengatur hubungan antar sesama manusia maupun manusia dengan alam. Maka  sangat tidak mungkin Allah SWT yang telah merintahkan kita untuk menjalankan nidhom tasyri’i akan melanggarnya sendiri. Tidak mungkin Dzat yang telah menciptakan alam ini serta menetapkan aturan-aturannya agar alam tetap terpelihara demi terpenuhinya kebutuhan hidup manusia akan rela begitu saja merusaknya dan hanya menjadikannya mainan saja.
Nidhom kauny dan nidhom tasyri’i ini bisa kita analogikan pada sebuah perusahaan atau produsen yang memproduksi alat guna mempermudah kehidupan manusia. Langkah pertama ia akan memperkenalkan alat yang dibuatnya serta cara kerja dan fungsinya. Ini merupakan contoh nidhom kauny Allah SWT. setelah memperkenalkan alat yang diproduksinya tentu ia juga akan memberikan buku pedoman bagi pengguna alat tersebut. Langkah yang kedua ini adalah contoh nidhom tasyri’i Allah SWT.
Bagi seorang yang cerdas pastinya akan mengetahui bahwa alat yang dimilikinya itu tidak akan berfungsi optimal jika tidak ada buku pedoman untuk menggunakan serta merawatnya. Selain itu dia juga tidak akan puas begitu saja atas alat yang didapatnya itu. Karenanya pasti dia akan berusaha mengoptimalkan fungsinya dan juga merawatnya dengan cara melaksanakan apa yang telah dijelaskan pada buku pedoman yang didapatkannya dari dari pihak produsen.
Dari sini dapat disimpulkan bahwa seseorang yang hanya mau menerima nidhom kauny saja namun tidak mau melaksanakan nidhom tasyri’i adalah orang yang bodoh. Ini merupakan salah satu bukti bahwa perintah dan larangan Allah SWT merupakan bentuk hadiyah dari Allah SWT demi kesejahteraan hidup manusia. Namun hal ini jarang sekali dipahami oleh kebanyakan orang.   
Selain bukti diatas masih ada lagi bukti-bukti yang lain, misalnya aturan atau hukum-hukum Allah SWT. Hukum–hukum Allah SWT yang begitu teliti ini Allah SWT tetapkan untuk mengatur berbagai macam kemaslahatan untuk manusia. jika kita cermati maka kita tahu bahwa kemaslahatan manusia itu terkandung  dalam lima hal, yakni kemaslahatan agama, hidup, akal atau jiwa, nasab dan harta. Dan semua ini telah termaktub dalam hukum-hukum Allah Yang Maha Bijaksana.
Dalam Al Qur’an juga dijelaskan bahwa Allah SWT  tidak menghendaki adanya syariat Allah SWT ini menjadi beban bagi kita, melainkan  Allah SWT menghendaki adanya  hukum-hukum tersebut  menjadi kebaikan yang kembali kepada kita. Sebagaimana firman Allah SWT :
tPöquø9$# àMù=yJø.r& öNä3s9 öNä3oYƒÏŠ àMôJoÿøCr&ur öNä3øn=tæ ÓÉLyJ÷èÏR àMŠÅÊuur ãNä3s9 zN»n=óM}$# $YYƒÏŠ  (المائدة : 3)
“Pada hari ini telah Aku sempurnakan agamamu untukmu, dan telah Aku cukupkan nikmatmu bagimu dan telah Aku ridloi islam sebagai agamamu”. (Q.S. Al-Maidah:3)
ô`tB Ÿ@ÏJtã $[sÎ=»|¹ `ÏiB @Ÿ2sŒ ÷rr& 4Ós\Ré& uqèdur Ö`ÏB÷sãB ¼çm¨ZtÍósãZn=sù Zo4quym Zpt6ÍhŠsÛ (   (النحل : 97)
“Barang siapa mengerjakan kebajikan, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka pasti akan Kami berikan padanya kehidupan yang baik”. (Q.S. An-Nahl:97)
߃̍ムª!$# ãNà6Î/ tó¡ãŠø9$# Ÿwur ߃̍ムãNà6Î/ uŽô£ãèø9$#   (البقرة : 185)
Allah SWT menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu”. (Q.S. Al-Baqoroh:185)
$tBur Ÿ@yèy_ ö/ä3øn=tæ Îû ÈûïÏd9$# ô`ÏB 8ltym 4   (الحج : 78)
“Dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama” (Q.S. Al-Hajj:78)
Apakah  terbesit dalam benak kita bahwa kalam Allah SWT adalah  perkara  yang dusta ? Na’udzubillah mindzdalik.
PENTINGNYA AQIDAH
Aqidah sangat penting bagi kita, sebab dengan aqidah kita bisa mengenal Dzat yang mengatur alam semesta khususnya pada urusan kita, entah dalam urusan yang baik atau dalam urusan yang buruk. Dengan aqidah pula kita bisa mengetahui Dzat yang memperkenalkan dan mengatur alam semesta ini untuk kemaslahatan kita yaitu Tuhan kita Allah ‘Azza Wa Jalla. Maka jika kita sudah mengenal-Nya, percaya akan cinta dan kasih sayang-Nya kapada kita niscaya kita bisa menerima hukum-hukum syariat Allah SWT dengan kemantapan dan hati yang lapang. Sehingga dengan perasaan yang demikian kita bisa terdorong untuk menjalankan dan memposisikan syariat-syariat Allah SWT menjadi bagian yang terpenting dalam hidup kita.
Misalnya, ketika ada seseorang yang sakit maka dia akan mencari seorang dokter yang  bisa dia harapkan untuk menanganinya. Dia akan mencari informasi tentang seorang dokter spesialis yang ahli dan terpercaya untuk menangani penyakitnya. Setelah ia mendapatkan dokter tersebut, dan ia pun yakin dan percaya penuh padanya maka ia akan menjalankan segala hal yang disarankan oleh dokter tersebut.
Begitu juga seorang hamba, agar ia bisa menjalankan syariat Allah SWT dengan penuh kepercayaan dan keikhlasan maka ia harus melakukan langah-langkah sepeti yang dilakukan orang yang sakit tadi. Langkah bagi hamba tersebut tak lain adalah aqidah yang memang dibutuhkan oleh seorang hamba.
Adapun ibadah-ibadah dengan segala bentuknya merupakan  suatu kebutuhan seorang hamba untuk memperkuat aqidahnya tersebut dan dapat mengantarkannya pada derajat yang luhur di sisi Allah SWT.

فاللهم حققنا بذلك كله وارزقنا الإستسلام لحكمك والرضا بقضائك والإلتزام بهديك  . . . .


2 komentar:

  1. saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88


























    saya ingin berbagi cerita kepada semua teman-teman bahwa saya yg dulunya orang yg paling tersusah,walaupun mau makan itu pun harus hutang dulu sama tetangga dan syukur kalau ada yg mau kasi,semakin aku berusaha semakin jauh juga pekerjaan dan selama aku ingin berbuat baik kepada orang lain semakin banyak pula yg membenci saya karna saya cuma dianggap rendah sama orang lain karna saya tidak punya apa-apa,dan akhirnya saya berencana untuk pergi mencari dukun yg bisa menembus nomor dan disuatu hari saya bertemu sama orang yg pernah dibantu sama AKI ALHI dan dia memberikan nomor AKI ALHI,dia bilan kepada saya kalau AKI ALHI bisa membantu orang yg lagi kesusahan dan tidak berpikir panjang lebar lagi saya langsun menghubungi AKI ALHI dan dengan senan hati AKI ALHI ingin membantu saya,,alhamdulillah saya sudah menang togel yg ke5 kalinya dan rencana saya bersama keluarga ingin membuka usaha dan para teman-teman diluar sana yg ingin seperti saya silahkan hubungi AKI ALHI,di 0823 1366 9888 saya sangat bersyukur kepada allah karna melalui bantuan AKI ALHI, dan kini kehidupan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ingat kesempatan tdk akan datan untuk yg kedua kalinya
    Atau KLIK TOGEL AKURAT 88







    BalasHapus