Wisata guci
9/05/2010

1.perjalanan.
Pada malam ahad selepas ngaji kitab di pondok mak berjan dan sholat isya' aku aziz supir dan hamzah berangkat ke tegal untuk menghadiri undangan hamdi di pondok fajr islami babakan.sesampainya di bumiayu jam 11 kita nginep di hotel family, nyewa kamar 60 ribu.
pagi2 aku ada kerentek pergi mandi air panas di guci.maka pukul 6 30 kami meluncur keguci.dalam perjalanan aku cari nomer teleponnya kholidin tuwel, setelah dapat dari rodiah aku telepon tapi dia sedang di sawah, kata istrinya.lalu aku cari teleponnya saiful bojong dari aqam, setelah dapat aku tlpn, alhamdulillah dia mau aku ajak jalan2.sampai pasar bojong aku di bertemu dengan saiful langsung menuju wisata guci.

2.guci.

Sampai guci jam 9 00 kita nyampai guci.saya sempat mau bayar perorang 15 ribu ketika mau masuk kawasan guci, tapi kita bersama saiful akhirnya gratis.dia bilang dari bojong dan yang jaga masik pak lek dia.lalu setelah parkir mobil saya hamzah saiful pergi ke tempat pemandian dalam hotel duta wisata guci.sebetulnya perorang bayar 12500 tapi karena pegawainya kenal sama saiful kita gratis.kepinginnya mandi di kolam renang tapi gak enak karena banyak cewek2 cino.akhirnya kita mandi di tempat khusus.airnya ternyata panas bukan hangat jadi sy perlu adaptasi tuk bisa mandi dgn air panas itu.memang menhasikkan mandi dengan air panas ini.setelah mandi sekitar 10 menitan kiat jalan2 melihat suasana di guci.lalu kita menuju ke rumah saiful di bojong.
Nyampai di rumah saiful jam 9 30 di sambut oleh kakanya din sekelas dengan kak a gofur.pukul 10 00 kita meluncur ke babakan.

3.babakan.
Nyampai di pondok fajr islami babakan jam 10 30.saya bertemu denhan mertuwanya hamdi KH Fathuddin mantunya mbah nasari bin abdurrouf bin mbah sulaiman.setelah pidato dan ramah tamah aku mampir dirumah gus ahmad syafi'i bin baidlowi min (afif) mantunya mbah sulaiman.pengasuh pndok pesantren ma'hadut tolabah.

4.tokoh.
1.KH Fathuddin
2.KH busiri.
3.saiful dan din kakaknya.
4.nanang temannya aqam saudara iparnya saiful.
5.gus syafi'i .
6.pak camat.
قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من ترك اللباس متواضعًا، وهو يقدر عليه، دعاه الله يوم القيامة على رؤوس الخلائق حتى يخيّره من أي حلل الإيمان شاء يلبسها ).ه الحديث أخرجه الترمذي وقال حسن. إلا أ

وجاء التحريض عليه في أحاديث النبي رسول الله صلى الله عليه وسلم ، ومنها: عن أبي الأحوص عن أبيه قال: أتيت النبي صلى الله عليه وسلم ، وعليّ ثوب دونٍ فقال: ألك مال؟ قلت: نعم.

قال: من أي المال؟ قلت: من كل المال قد أعطاني الله تعالى.

قال: فإذا آتاك الله تعالى مالاً فليُر أثر نعمة الله عليك وكرامته".


Dua hadist di atas sepertinya ada pertentangan tapi sebetulnya itu cuma dhahirnya saja.untuk men jami'kan keduanya ada dua jawaban.
1.baik berhias atau tidak berhias semuanya baik tergantung niatnya.berhias baik kalau diniyyati tahadduts binnikmah.tidak berhias juga baik kalau di niyyati tawadldluk.
2.sebetulnya berhias itu baik, adapun hadist yang menunjukkan tidak berhias itu tidak berhias dengan perkara yang di haramkan.

2. Perempuan dalam islam

زين للناس حب الشهوات من الناس والبنين والقناطير المقنطرة من الذهب والفضة والخيل المسومة واﻷنعام والحرث

Kedudukan wanita dalm islam merupakan perhiasan sebagaimana anak, harta yg banyak dan hew

3.hukum berhias bagi wanita

قال تعالى وﻻ يبدين زينتهن اﻻ ما ظهر منها
وقال تعالى وﻻتبرجن تبرج الجاهلية اﻷولى

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم
أيما امرأة تطيبت للمسجد لم يقبل لها صلاة حتى تغسله عنها اغتساله من الجنابة رواه
أحمد

Dalam nas-nas dalil di atas bahwa perempuan adalah sebagai perhiasan dan dilarang memperlihatkan perhiasannya.
Adapun hukum berhias memakai bedak celak dan lain-lain di depan umu maka kalau kita mengikuti madzhab syafi'i maka tidak ada jalan untuk memperbolehkannya karena wajah adalah termasuk aurot yang wajib di tutupi.mereka menafsiri maa dhoharo minhaa dengan wajah dan tangan tapi dalam solat saja.
Kalau menurut madzhab yang menafsiri maa dhoharo minhaa dengan wajah dan tangan baik di dalam solat atau di luar solat. Maka mereka mensyaratkan harus tidak ada perhiasan di wajahnya.




4.hukum al-kohol
تعالى: (يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون) [المائدة:90]

قال الرسول صلى الله عليه وسلم : ( ما أسكر كثيره فقليله حرام )

Dalam masalah khomr apakah najis apa tidak.ada dua pendapat dua.
Satu: mengatakan tidak najis karena arti rijs dalam ayat diatas adalah najis maknawi seperti berhala.
Kalau menurut pendapat ini maka alkohol tidak masalah.tidak najis.
Dua: mengatakan najis yaitu pendapat syafiiayyah maka banyak yang menhatakan kalau untuk hajat maka di ma'fuu dan ada yang mengatakan ma'funya karena li umumil balwa.