Syeh ٍSalim Mesuti


1. suatu hari salah satu pecinta syeh salim melihat jubbah yang indah dalam bepergiannya ke ke negeri turki, hatinya mengatakan bahwa tidak ada yang pantas memakai jubbah ini kecuali syeh salim.maka dia beli untuk dihaturkan pada beliau.sekembali dari turki ke damaskus, dia menghadiahkan jubbah ke syeh salim.
Ketika beliau memakai di masjid taubah banyak yg memerhatikan jubbah indahnya.ketika beliau ke kamar mandi dan menanggalkan jubbahnya, ada pencuri yang mengambilnya.lalu menjualnya dipasar.
Salah satu pecinta beliau ada yang melihat jubbah tersebut lalu terselib dalam hatinya untuk membelinya untuk menjadikannya hadiah pada syeh salim.
Lalu dia memberikan hadiah pada syeh salim bersama sekantong uang.
Besoknya syeh salim menceritakan kejadian ini pada murid muridnya di jami' taubah supaya mendapat pencerahan akan kebenaran tawakkal ala allah.

2. syeh salim adalah orang yang tidak pernah memegang uang ketika malam.sebelum tidur uangnya harus sudah di infakkan lillahi taala.
pada salah satu bulan romadlon,dan ketika syeh salim dan keluarganya menunggu berbuka, ada orang mengetuk pintu dan mengatakan bahwa dia adalah orang miskin yang tidak mampu untuk berbuka.seketika syeh salim mesuti memberikan semua makanan yang sudah disiapkan istrinya untuk berbuka.tentu saja istri beliau sangat marah akan tindakannya itu.beliau cuma mengatakan bahwa allah yang akan memberi makan.pada waktu itu basya atau penguasa damaskus mengundang pejawat perancis untuk berbuka bersama tapi dia tidak datang karena ada urusan di bairut, maka basya tadi langsung menginstrusikan supaya semua makanan untuk di hadiahkan pada syeh salim.
Subhanaallah kurang sebentar magrib tiba semua makanan yang serba lezat itu datang ke rumah syeh salim.lalu beliau mengatakan pada istrinya: kamu memilih makanan ini atau makanan yang kamu masak?.

3. ada seorang yang mau membuktikan akan ke tawakkalan syeh salim,setelah dia mendengar bahwa beliau tidak pernah menyimpan uang ketika mau tidur.setelah solat magrib orang itu memberikan kantung berisi uang pada syeh salim mesuti.setelah solat isya' dan syeh salim pulang kerumah dia membuntuti terus.selang tidak lama beliau keluar rumah lalu memanggil penjaga malam.hai abu fulan, penjaga malam tidak boleh berjaga kalau tidak punya istri, dan istri kamu kan baru meninggal.jawab penjaga tadi : trus bagaimana aku kawin lagi,aku kan tidak punya modal.
Syeh salim berkata : aku memanggilmu ini bertujuan supaya kamu bisa kawin.ini kantung berisi uang untuk ongkos perkawinnanmu.
Setelah menerima kantung tadi, dia dihampiri oleh orang yang tadi mencoba syeh salim.dia bertanyanya apa yang sedang terjadi dengan syeh salim? Dia menjawab bahwa syeh salim memberikan kantung uang tuk ongkos perkawinannya.lalu dia melihat sambil taajjub bahwa syeh salim memberikan semua uangnya bahkan tali pengikat kantung belum dibuka sama sekali.

0 komentar:

Poskan Komentar