ZAUJAH SHOLIHAH

ZAUJAH SHOLIHAH
1. Baik agamanya
تنكح المرأة لأربع : لمالها ولحسبها ولجمالها ولدينها فاظفر بذات الدين تربت يدك.
Wanita di nikah karena empat perkara karena hartanya, nasabnya, cantiknya dan karena agamanya maka dapatkan yang punya agama kalau tidak maka tanganmu akan berdebu.
وعن ابن ماجه بسند حسن من حديث عائشة رضي الله عنها مرفوعا تخيروا لنطفكم فانكحوا الأكفاء وأنكحوا إليهم.
Nabi saw mengatakan : Pilihlah untuk sperma kalian! Kawinilah wanita yang pantas (dalam agama dan akhlaq), dan kawinkan wanita kalian pada laki yang pantas.
2. Penyanyang.
3. Banyak anak.
4. Minta ridlo suami.
نساءكم من أهل الجنة الودود الولود العؤود على زوجها التي إذا غضب جائت حتى تضع يدها في يد زوجها ثم تقول لا أذوق غمضا حتى ترضي.
Wanita kalian ini penghuni surga : yang penyayang yang banyak anak yang kembalian pada suaminya yaitu ketika suaminya marah dia mendatanginya lalu meletakkan tangannya di atas tangan suaminya lalu berkata saya tidak akan mencicipi tidur sampai engkau ridla padaku.
5. Taat pada suami
6. Menyenangkan suami
إذا صلت المرأة خمسها وصامت شهرها وحفظت فرجها فلتدخل من أي أبواب الجنة شائت.
Wanita ketika telah melakukan sholat lima waktunya, berpuasa bulan ramadlon, menjaga farjinya dan taat pada suaminya maka silahkan dia masuk surga dari pintu yang dia kehendaki.
وسئل رسول الله صلّى الله عليه وسلم أي النساء خير ؟ قال الذي تسره إذا نظر وتطيعه إذا أمر ولا يخالفه فيما يكره في نفسها وماله.
Nabi saw di tanya : Siapakah wanita terbaik? Nabi saw : Wanita yang menyenangkan ketika dilihat suaminya, mentaatinya ketika diperintah dan tidak menyalahi dalam perkara yang tidak disenangi oleh suaminya baik dalam uruasan kepribadiannya atau keuangan suami.
وفي المصنف ابن أبي شيبة بسند صحيح قال عبد الله بن مرو رضي الله عنهما ألا أخبركم بالثلاث الفواقر ........... إمام جائر إن أحسنت لا يشكر وإن أسأت لم يغفر، وجار سوء إن رأى حسنة غطاها وإن رأى سيئة أفشاها، وامرأة السوء إن شهدتها غاضبتك وإن غبت عنها خانتك.
Nabi saw : Maukah kalian aku ceritakan tiga bencana. pimpinan yang lalim; kalau engkau berbuat baik dia tidak berterima kasih, kalau engkau berbuat kesalahan dia tidak mengampunimu, tetangga jahat; kalau dia lihat kebaikan dia menutupinya, kalau melihat kejelekan dia menyebarluaskan, istri jahat; kalau engkau bersamanya dia membuat marah, kalau tidak bersamamu dia mengkhianatimu.

7. Membantu suami solat malam
من استيقظ من الليل وأيقظ امرأته فصليا ركعتين جميعا كتبا من الذاكرين الله كثيرا والذاكرات.
Barang siapa bangun waktu malam dan membangunkan istrinya kemudian mereka melaksanakan sholat dua rokaat bersama, maka mereka ditulis termasuk orang-orang yang banyak ingat kepada Allah.
رحم الله رجلا قام من الليل فصلى، وأيقظ امرأته فصلّت، فإن أبت نضح في وجهها من الماء، ورحم الله امرأة قامت من الليل فصّلت، وأيقظت زوجها فإن أبى نضحت في زوجه من الماء.
Nabi saw bersabda : Allah akan memberi rahmat kepada seorang laki-laki yang bangun waktu malam kemudian ia melakukan sholat, dan membangunkan istrinya kemudian istrinya juga sholat, jika istrinya tidak mau maka ia memercikan sedikit air diwajah istrinya.
Dan Allah juga akan memberi rahmat kepada seorang wanita yang bangun waktu malam kemudian ia sholat dan membangunkan suaminya, jika suaminya tidak mau maka ia memercikan sedikit air diwajah suaminya.

1 komentar: