,

Pakaian perempuan


Ayat- ayat hijab

Perempuan pada zaman Jahiliyah biasa memperlihatkan auratnya di depan laki-laki akan tetapi tidak keterlaluan sebagaimana masyarakat yang lain, yang biasa mereka Perlihatkan adalah leher, dada  dan sebagian rambut maka turunlah ayat ini

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Artinya:
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Artinya:
Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا
Artinya:
dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.
ayat ini walaupun dikhususkan kepada istri-istri nabi akan tetapi perempuan yang lain juga ikut dengan qiyas jaliy

Dari ayat-ayat ini ulama mufakat bahwasanya selain wajah dan telapak tangan perempuan itu harus ditutupi karena perkara yang susah untuk ditutupi oleh oleh perempuan
( الاما ظهر منها )
adalah wajah dan telapak tangan yang tidak dihiasi oleh hiasan apapun( tidak memakai make up dan gincu).
Allah memerintahkan untuk menutupi selain kedua ini. Allah Ta'ala memerintahkan untuk menutupi leher rambut dan yang lain-lainnya secara Shorih. maka dari itu tidak ada satupun ulama yang berbeda pendapat tentang keharamannya perempuan membuka selain wajah dan telapak tangan di depan orang ajnabi (orang lain)

WAJAH PEREMPUAN

Para ulama berbeda pendapat tentang masalah wajah perempuan menjadi dua golongan.

golongan yang pertama: menafsiri ما ظهر منها dengan perhiasan yang berupa pakaian cincin dan celak.
Maka menurut ulama ini hukum dari wajah dan dua telapak tangan itu haram untuk dibuka kecuali orang-orang yang dikecualikan oleh Allah ta'ala yaitu kerabat-kerabat nya. ulama ini mempunyai banyak dalil atas pendapatnya ini .

golongan yang kedua menafsiri ما ظهر منها  dengan wajah dan dua telapak tangan karena keduanya itu yang kelihatan yang susah bagi perempuan untuk selalu menutupinya, keduanya adalah yang kelihatan ketika perempuan melakukan sholat.maka hukum melihatnya disamakan dengan sholat.

HIKMAHNYA JILBAB

Hikmah diwajibkannya hijab kepada perempuan adalah supaya perempuan bisa ikut peran serta dalam membangun masyarakat bersama laki-laki menuju kebaikan dengan tanpa ada penghalang berupa syahwat seksualitas.
perempuan mempunyai dua daya tarik ; satu kepintarannya dan kemampuannya untuk ikut serta membangun masyarakat.dua daya tarik berupa keindahan tubuhnya. perempuan bisa ikut serta membangun masyarakat bersama-sama laki-laki itu harus dengan memperlihatkan daya tarik yang pertama dan menutupi daya tarik yang kedua, kalau keduanya campur maka maka akan hilang atau berkurang keikutsertaannya membangun masyarakat karena akan menggoda laki-laki dengan kemolekan badannya.
Kita bisa membayangkan seandainya ada perempuan yang memberikan ceramah di depan masyarakat dengan pakaian yang tidak pantas, Walaupun dia berbicara dengan baik dan ilmiah akan tetapi ketika dibarengi dengan pakaian yang merangsang maka para lelaki yang mendengarkan pidatonya akan lebih memandang auratnya daripada mendengarkan pidatonya. tapi Seandainya dia berbicara dengan menutup auratnya maka akan lain pengaruhnya.
ini adalah Hikmah dari diwajibkannya berhijab, Adapun sebagian orang yang mengatakan bahwasanya hijab itu disyariatkan supaya mendidik perempuan menuju bagusnya akhlak dan etika nya, mereka ini menentang Dengan mengatakan: banyak sekali orang yang berhijab tapi akhlaknya tidak baik dan banyak yang tidak berhijab tapi akhlaknya baik.
Kita menjawab Sesungguhnya Allah ta'ala mewajibkan hijab pada perempuan itu untuk menjaga ahlaknya lelaki yang memandang perempuan bukan untuk menjaga akhlaknya perempuan saja. makanya tidak bisa kita mengatakan dengan argumen itu bahwasanya perempuan boleh memperlihatkan semua auratnya di depan laki-laki selama dia bisa menjaga akhlak dan etikanya. kesenangan laki-laki dengan melihat kemolekan perempuan itu adalah problematik yang menyebabkan disyariatkannya berhijab pada perempuan. cobaan pada laki-laki ini kalau tidak diatasi dengan solusi Allah ta'ala ini maka akan mengenai perempuan juga. ketika laki-laki sudah terkena cobaan ini maka dia akan menyerang kepada perempuan Semuanya baik yang berakhlak ataupun tidak berakhlak.

Jilbab Santriwati

jilbab santriwati itu harus memenuhi kriteria yang ada pada ayat-ayat hijab. semua badan perempuan itu aurat kecuali wajah dan Kedua telapak tangan, kalau santriwati mau lebih baik dengan menutup semua badannya maka itu sifat seorang yang berhati-hati dan itu sifat yang bagus.

Syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh wanita dalam berpakaian:
1. Pakaiannya harus menutupi semua badannya kecuali wajah dan dua telapak tangan.
2. pakaiannya tidak berupa pakaian yang menarik pandangan laki-laki karena Allah berfirman :

"Dan tidak boleh memperlihatkan perhiasannya kecuali perkara yang kelihatan dan harus meletakkan kain kerudungnya pada dadanya".
3. harus tebal tidak transparan. rosululloh solallohu alaihi wasallam mengatakan: "Di akhir zaman nanti akan ada perempuan perempuan yang memakai pakaian tapi telanjang yang berlenggak-lenggok dan menarik laki-laki".
4. harus longgar tidak sempit.
5. pakaiannya tidak ada minyak wanginya.Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam mengatakan: "Siapa perempuan yang ber minyak wangi lalu berjalan pada suatu kaum supaya mereka mencium bau wanginya maka perempuan itu seorang yang berzina".      
6. pakaiannya tidak menyerupai pakaian laki-laki.
7. pakaiannya tidak seperti pakaiannya orang-orang kafiroh dan fasikoh karena berbeda dengan orang kafir itu termasuk tujuan syariat. Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengatakan : "Siapa yang menyerupai kaum maka dia termasuk kaum itu".
8. tidak pakaian Masyhur artinya tidak pakaian yang membuat dia aneh di hadapan manusia.

0 komentar:

Poskan Komentar