Hikmah 22

SUARA NAHDLIYYIN:
🕋 *KAJIAN KITAB AL HIKAM* 🕋

*_Oleh: A. Wafi Maimoen_*

*Hikmah 22*

ما من نفس تمضيه الا وله قدر فيك يمضيه

*_Artinya_*

Tidak ada nafas yang kau keluarkan kecuali di situ Allah Ta'ala mempunyai _Qadar_ yang berlaku.

*_Syarh_*

Setiap keadaanmu dan gerakanmu baik yang kecil ataupun yang besar, baik yang samar atau yang kelihatan, semuanya itu masuk pada _Qodlo'_ dan _Qadarnya_ Allah  SWT. Sehingga kamu tidak mengeluarkan nafasmu kecuali dia masuk dalam catatan _Ilmu_nya Allah Ta'ala.

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam mengatakan, "Segala sesuatu itu dengan _Qadar_Nya sehingga kelemahan dan kecerdasan".

Buah dari keyakinan ini adalah seorang muslim akan merasa ringan dan rela untuk mengorbankan harta dan hidupnya dalam perjuangan di jalan Allah, karena dia tahu bahwa segala sesuatu itu telah dicatat oleh Allah Ta'ala dan pasti akan terjadi, baik dia melakukannya atau tidak melakukannya, baik dia berjuang atau tidak berjuang.

Keyakinan akan _Qodlo' dan Qadar_ Allah Ta'ala ini menghasilkan perjuangan tanpa pamrih dan semangat orang-orang Islam pada masa yang lalu _(Salafus Sholeh)_ dalam jihad, dakwah, dan menyebarkan panji-panji Islam, sehingga mereka menjadi percontohan dalam mengorbankan harta, nyawa, meninggalkan tanah air, dan sabar menghadapi segala macam marabahaya. Kita bisa melihat pejuang-pejuang Islam dahulu kuburannya ada di segala penjuru negara-negara Islam. Semuanya itu mereka lakukan karena mereka yakin bahwa segala sesuatu yang menimpa manusia itu pasti sudah ada catatannya.

Wallahu A'lam Bisshowab

0 komentar:

Poskan Komentar