HIKMAH KE 6 ADAB BERDO'A

SUARA NAHDLIYYIN:
🕋 *KAJIAN KITAB AL HIKAM* 🕋

*_Oleh: KH. A. Wafi Maimoen_*

*Hikmah 6*

لا يَكُنْ تأَخُّرُ أَمَدِ العَطاءِ مَعَ الإلْحاحِ في الدُّعاءِ مُوْجِباً لِيأْسِكَ. فَهُوَ ضَمِنَ لَكَ الإِجابةَ فيما يَخْتارُهُ لَكَ لا فيما تَخْتارُهُ لِنَفْسِكَ. وَفي الوَقْتِ الَّذي يُريدُ لا فِي الوَقْتِ الَّذي تُرْيدُ.

*_Artinya_*

Terlambat datangnya pemberian (Allah ﷻ), meski sudah dimohonkan berulang-ulang, janganlah membuatmu patah harapan. Karena dia telah menjamin untuk mengabulkan permintaanmu sesuai dengan apa yang Dia pilihkan untukmu, bukan menurut keinginan engkau sendiri. Juga dalam waktu yang Dia kehendaki, bukan pada waktu yang engkau inginkan.

*_Syarh:_*

Doa itu bisa dikatakan doa secara _syar'i_ kalau menetapi dua perkara :
☝🏾 Sadarnya perasaan dan hati, lalu mengarahkan keduanya dengan kerendahan pada Allah ﷻ. Maka seseorang yang mempunyai keinginan untuk mendapatkan sesuatu lalu dia mencari dan bertanya tentang doa-doa supaya doanya _diistijabahi_. Setelah dia menemukan doa-doa itu lalu dia ucapkan terus-menerus sebagaimana murid-murid Madrasah menghafalkan pelajarannya, kamu lihat keadaannya bersama Allah ﷻ ternyata dia tidak menetapi perintah-perintahnya Allah ﷻ. Kalau dia ini memperbanyak doa-doa yang dihafal lalu dia tidak di _istijabahi_ maka dia akan mengadu; _Kenapa Allah ﷻ tidak mengistijabahi doaku?_

✌🏾 Seorang yang berdoa pertama-tama harus bertaubat kepada Allah ﷻ dari maksiat-maksiat yang dilakukan. Maka orang yang terus menetapi maksiatnya, pada waktu yang bersamaan dia meminta kepada Allah ﷻ untuk mewujudkan angan-angannya, maka ini bukan doa namanya.

💠 Ketika doa sudah menetapi dua syarat yang kita sebutkan, maka jangan salah sangka bahwasannya Allah ﷻ pasti _mengistijabahi_ doa kita dengan memberikan sesuatu itu persis seperti yang kita minta. _Istijabahnya_ Allah ﷻ pada doa kita itu artinya Allah mewujudkan tujuan kita.

Saya meminta kepada Allah ﷻ sesuatu karena saya menyangka bahwa sesuatu tadi yang bisa mendatangkan kebaikan kepadaku. Akan tetapi Allah ﷻ tahu bila sesuatu itu kalau diberikan tidak akan memberikan kebaikan, melainkan akan memberikan sebaliknya, maka Allah ﷻ tidak memberikan sesuatu itu kepadaku karena rahmat-Nya kepadaku, dan Allah ﷻ memberikan yang lain yang baik untukku. Ini adalah arti dari firman Allah ﷻ:

(وَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ ۖ وَعَسَىٰ أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لَا تَعْلَمُونَ)
[سورة البقرة 216]

Artinya:
_"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu. Dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah ﷻ mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui"._

Dan ini yang dimaksud oleh Syekh Ibnu Atho'illah assakandari,

فَهُوَ ضَمِنَ لَكَ الإِجابةَ فيما يَخْتارُهُ لَكَ لا فيما تَخْتارُهُ لِنَفْسِكَ.

💠 Arti dari Allah ﷻ _mengistijabahi_ doa kita itu bukan berarti Allah ﷻ cepat-cepat memberikannya kepada kita. Jangan sampai kesalahan ini mengenaimu. Kamu jangan menyangka bahwasannya doa itu adalah  _wasilah_ (sarana), akan tetapi doa itu sebagai _ghoyah_ (tujuan). Doa itu adalah ibadah tersendiri, dia sebagai tujuan bukan sarana. Manusia itu hamba, miliknya Allah ﷻ. Seorang hamba itu selalu membutuhkan kepada tuannya, dia harus memperlihatkan kehambaannya kepada tuannya dengan berdoa, meminta hajat-hajatnya dan memperlihatkan bahwasanya hidupnya bisa enak dan bahagia kalau dilindungi oleh-Nya. Kehambaan ini harus ada terus baik dia melihat Allah ﷻ memberikan hajat-hajatnya atau tidak mewujudkannya.

Rasulullah ﷺ bersabda:

يستجاب لأحدكم مالم يعجل يقول قد دعوت فلم يستجب لي

_"Kalian diistijabah doanya selagi tidak tergesa-gesa. Kamu mengatakan, "saya telah berdoa tapi tidak diistijabahi"._

Kesimpulannya seorang muslim harus meminta dengan kerendahan hati kepada Allah ﷻ dalam segala tingkahnya dengan tanpa memandang hasil dari doanya, akan tetapi dia harus yakin akan kebaikan Allah ﷻ, dan Allah ﷻ akan _mengistijabahi_ doanya.

Ketika doanya belum diberikan oleh Allah ﷻ dia berkeyakinan bahwasanya ini didikan dari Allah ﷻ supaya dia tidak salah paham

0 komentar:

Poskan Komentar