Hikmah 84

SUARA NAHDLIYYIN:
🕋 *KAJIAN KITAB AL HIKAM* 🕋

*_Oleh: KH. A. Wafi Maimoen_*

*Hikmah 84*

اذا اَرَدتَ اَنْ يَكُونَ لكَ عِزًّ لاَ يَفْنىَ فَلاَ تَسْتَعِزَّنَّ بِعِزٍّ يُفـْنىٰ

Artinya:
"Jika engkau ingin mendapatkan kemuliaan yang tidak punah/rusak, maka jangan membanggakan kemuliaan yang rusak".

*_Syarh:_*

🔷 Ketika engkau mempunyai harta yang banyak maka engkau akan merasa kemuliaanmu ada dalam kekayaanmu. Ketahuilah bahwa harta yang diberikan oleh Allah kepadamu sebentar lagi akan hilang, dia datang karena qadla' dan qadar-Nya, begitu juga dia akan hilang dengan Qadla' Qadar-Nya.

🔷 Ketika engkau mendapatkan jabatan dan pangkat maka engkau akan menjadikannya sebagai lambang kemuliaanmu. Ketahuilah bahwa Allah yang memberikan jabatan padamu sebentar lagi akan mengambilnya darimu.

🔷 Ketika engkau mempunyai kekuatan yang tidak terkalahkan atau kecerdasan yang sangat maka engkau akan merasa terlindungi dari marabahaya. Ketahuilah bahwa Allah yang mengeluarkan kamu ke dunia ini dengan tanpa mempunyai kekuatan dan kecerdasan sebentar lagi akan menjadikan kamu keringkihan dalam masa tuamu.

ومنكم من يرد الى أرذل العمر لكي لا يعلم بعد علم شيئا.

✅ Orang yang ingin mendapatkan kemuliaan dari selain Allah itu seperti orang yang berpegangan pada dahan dan ranting, pasti tidak akan kuat menyangga tubuhnya. Kalau saja dia itu pintar dan berpikir dengan baik maka dia akan berpegangan pada batang pohon bukan pada dahan dan rantingnya. Yang saya maksud dengan batang pohon itu adalah hakikat sumber kekuatan yaitu Allah Swt.

_"Katakan!! Wahai Allah yang memiliki Kerajaan, Engkau memberikan Kerajaan pada orang yang Engkau kehendaki. Engkau yang mencabut Kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Dan Engkau yang mengagungkan orang yang Engkau kehendaki.Dan Engkau yang merendahkan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah kebaikan itu. Engkau berkuasa pada segala sesuatu."_

Wallahu A'lam bishshowab.

0 komentar:

Poskan Komentar