13.Delegasi Pertama

💎 *Pelajaran Sejarah Nabi 13* 💎

_Oleh: KH. A. Wafi Maimoen_

*Delegasi Pertama*

Di tengah-tengah cobaan dan siksaan yang diterima Nabi ﷺ dan sahabatnya dari orang-orang kafir Quraisy, datanglah delegasi pertama dari luar Makkah untuk memahami agama Islam. Mereka berjumlah 30 orang lebih dari kelompok Nasrani Habasyah. Mereka datang bersama sahabat Ja'far bin Abi Tholib ketika kembali ke Makkah.

Ketika mereka duduk mendengarkan ceramah-ceramah Nabi ﷺ dan pembacaan Al Quran, maka kesemuanya dari mereka beriman kepada Nabi ﷺ dan masuk Islam.

Ketika mengetahui hal itu, Abu Jahal mengatakan kepada mereka, "Saya tidak melihat kafilah yang lebih bodoh daripada kalian. Kalian diutus oleh kaum kalian untuk mengetahui dongengnya laki-laki ini (Nabi ﷺ) lalu sebentar saja kalian duduk bersamanya sehingga kalian meninggalkan agama kalian dan membenarkan-Nya". Mereka menjawab, "Selamat tinggal bagi kalian. kita tidak mengambil orang bodoh sebagai teman. Kami memegangi apa yang kami yakini dan kalian memegangi apa yang kalian yakini. Kami tidak mengharapkan bagi diri kami kecuali kebaikan". Lalu turunlah Firman Allah ﷻ tentang mereka,

(الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِهِ هُمْ بِهِ يُؤْمِنُونَ)

(وَإِذَا يُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ قَالُوا آمَنَّا بِهِ إِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّنَا إِنَّا كُنَّا مِنْ قَبْلِهِ مُسْلِمِينَ)

(أُولَٰئِكَ يُؤْتَوْنَ أَجْرَهُمْ مَرَّتَيْنِ بِمَا صَبَرُوا وَيَدْرَءُونَ بِالْحَسَنَةِ السَّيِّئَةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ)

(وَإِذَا سَمِعُوا اللَّغْوَ أَعْرَضُوا عَنْهُ وَقَالُوا لَنَا أَعْمَالُنَا وَلَكُمْ أَعْمَالُكُمْ سَلَامٌ عَلَيْكُمْ لَا نَبْتَغِي الْجَاهِلِينَ) سورة القصص 52-55

⭕ Dari cerita Sirah Nabawiyah di atas kita bisa mengambil pelajaran bahwasanya apa yang diterima oleh pejuang-pejuang Islam untuk menyebarkan agama Islam, berupa musibah dan siksaan, itu semua tidak berarti kegagalan dan keputusasaan. Bahkan rintangan dan siksaan adalah jalan yang harus ditempuh untuk menuju kemenangan.

Kita melihat bagaimana orang-orang Nasrani Najjasyi (Habasyah) yang berjumlah 30 orang lebih mengarungi lautan menuju Nabi ﷺ untuk mengumumkan akan keislamannya. Sepertinya mereka berkata kepada dunia bahwa, "Musuh-musuh dakwah Islamiyah tidak akan mampu untuk mencegah dakwah Islamiyah. Mereka tidak akan mampu untuk mencegah menyebarnya agama Islam di penjuru dunia walaupun mereka menghalang-halangi, menyiksa orang Islam, dan berkeinginan menghancurkan orang-orang Islam".

Abu Jahal dan orang-orang yang sepertinya tahu akan kebenaran ini, maka terlihatlah perkataan Abu Jahal yang mengandung kebencian yang sangat dalam kepada Islam. Akan tetapi yang mampu dia lakukan beserta orang-orang sepertinya hanyalah menimpakan siksaan kepada orang-orang Islam, namun dakwah Islamiyah akan tetap menyebar ke penjuru dunia, dan dia tidak akan mampu untuk mencegahnya.

Mari kita memperbanyak sholawat di bulan kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.

اللهم صلِ على سيدنا محمد و على اله وصحبه وسلم

0 komentar:

Posting Komentar