17.islamnya shohabat ansor

💎 *Pelajaran Sejarah Nabi 17* 💎

_Oleh: KH. A. Wafi Maimoen_

*Masuk Islamnya orang-orang Anshor*

Setiap musim haji, Nabi muhammad shallallahu alaihi wa sallam selalu mengajak-ngajak Qabilah-Qabilah arab yang sedang ber-haji menuju ke mekah untuk men-tauhid kan Allah Ta'ala, akan tetapi tidak ada satu pun yang mau menerima ajakan nya.
Pada musim haji Nabi SAW mendatangi Qabilah-Qabilah arab di tempat perkumpulan mereka seperti pasar Ukadz, pasar Mijannah dan pasar Dzul Majaz, Nabi SAW mengatakan: "wahai manusia... ucapkanlah lailahaillallah maka kalian akan untung dan kalian akan menguasai orang-orang arab dan tunduk kepa kalian orang-orang ajam, kalau kalian iman maka kalian akan menjadi raja-raja di surga".
Abu Lahab paman Nabi SAW selalu di belakangnya mengatakan: jangan ikuti orang ini karena dia orang murtad dan orang bohong.
Maka orang-orang arab sama tidak menerima ajakan Nabi SAW, menolaknya bahkan menyakitiNya.
Pada tahun 11 dari kenabian, ketika musim haji, Nabi SAW bertemu dengan orang-orang Qabilah Khozraj dari orang-orang madinah, Nabi SAW bertanya: "Siapa kalian?". Khozraj: Kami golongan dari Qabilah Khozraj. Nabi SAW:  "Apakah teman-teman orang yahudi ?". Khozraj: benar. Nabi SAW:  "mau kah kalian duduk? saya kepingin berbicara dengan kalian". Mereka duduk lalu Nabi SAW mulai mengajak untuk menyembah Allah Ta'ala, nabi menawarkan agama islam dan membacakan alquran. Akhirna mereka mau menerima agama islam karena orang-orang yahudi madinah selalu mengabarkan tentang Nabi SAW, orang-orang yahudi mengatakan kepada mereka: sungguh nabi telah diutus sekarang ini, sudah datang waktunya, kita akan mengikutinya dan akan membunuh kalian sebagaimana dibunuh nya kaum Aad dan kaum Iram.
setelah nabi mengajak mereka untuk memeluk agama islam dan membacakan alquran, mereka saling melihat satu dengan yang lainnya, mereka saling berkata: Demi Allah.. kalian tahu bahwasanya ini adalah Nabi yang telah dijanjikan orang-orang yahudi, maka jangan Kalian ke dahuluan mereka untuk beriman kepadanya.
Akhirnya mereka masuk agama islam, berjanji sekembali ke madinah akan menyebarkan agama islam dan berjanji akan datang pada musim haji yang akan datang untuk bertemu kembali dengan Nabi SAW.

🍅 Dari cerita Siroh Nabawiyah di atas kita bisa melihat hasil dari dakwah Nabi muhammad sallallahu alaihi wasallam setelah menempuh kesabaran yang begitu panjang atas derita-derita yang dialami oleh Nabi SAW di kota mekkah. inilah hasil dari kesadaran Nabi SAW 11 tahun berdakwah tanpa mengenal lelah.Nabi SAW berdakwah bukan cuma kepada orang-orang Quraisy akan tetapi juga kepada Qabilah-Qabilah luar Quraisy yang datang ke mekah untuk haji.
11 tahun Nabi SAW mengalami keter-asingan yang gelap gulita di antara kaumnya, akan tetapi Nabi SAW tidak putus asa, tidak mengenal lelah dan tidak terpengaruh dengan semuanya itu.
11 tahun dari perjuangan dan kesabaran yang tanpa henti dijalan Allah Ta'ala inilah sebagai harga untuk membeli untuk berdirinya Negara Islam di Madinah dan menyebarnya agama Islam di penjuru dunia sehingga bisa mengalahkan negara Romawi dan keagungan raja Persi dan hilangnya kemajuan-kejuan negara-negara lain.
Sebetulnya Allah ta'ala mampu saja mendirikan negara islam tanpa melalui perjuangan yang begitu lama oleh Nabi SAW akan tetapi ini adalah sunnatullah pada hamba-hambanya ini adalah aturan Allah Ta'ala dalam hamba-hambanya; mereka tidak diberikan kemuliaan oleh Allah Ta'ala tanpa menyerahkan dan membayar dengan perjuangan yang panjang yang membedakan antara orang yang benar dan orang yang munafik.

Mari kita memperbanyak sholawat di bulan kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.

اللهم صلِ على سيدنا محمد و على اله وصحبه وسلم

0 komentar:

Posting Komentar