16.Isra' Mi'roj

💎 *Pelajaran Sejarah Nabi 16* 💎

_Oleh: KH. A. Wafi Maimoen_

*ISRO' DAN MI'RAJ*

Pada tahun ke 10 dari kenabian, Nabi Muhammad ﷺ dimuliakan oleh Allah ﷻ dengan peristiwa Isra' dan Mi'raj.

Isra' artinya perjalanan Nabi ﷺ dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Adapun Mi'raj artinya naiknya Nabi ﷺ dari Masjidil Aqsa menuju langit ketujuh, menuju tempat yang tidak pernah diinjak oleh makhluk apapun selain Nabi ﷺ. Peristiwa Isra Mi'raj ini dilakukan Nabi ﷺ dengan jasad dan ruhnya. Perjalanan Isra' Mi'raj ini memakan waktu satu malam saja.

Ketika Nabi ﷺ sampai ke Makkah lagi dan beliau menceritakan apa yang beliau lihat, maka orang-orang Quraisy saling berbincang dan saling menertawakan akan cerita yang aneh ini. Sebagian dari mereka menantang Nabi ﷺ untuk menerangkan bentuk-bentuk Masjidil Aqsa, padahal ketika Nabi ﷺ ke Masjidil Aqsa tidak terbesit dalam benaknya untuk menghafalkan bentuk-bentuk bangunan Masjidil Aqsa, lalu Allah ﷻ memperlihatkan gambar Masjidil Aqsa di depan mata Nabi ﷺ, maka Nabi ﷺ menceritakan secara detail tentang bentuk Masjidil Aqsa.

Sebagian orang Quraisy mendatangi Abu Bakr dan menceritakan Isra' Mi'raj ini supaya Abu Bakr tidak memempercayai cerita ini, namun Abu Bakr menjawab,  "Kalau memang Muhammad benar menceritakan itu maka saya membenarkannya, saya sudah membenarkannya pada perkara yang jauh lebih aneh dan dahsyat dari pada itu".

🍅 Sebagian orang memperbanyak menyifati Nabi ﷺ dengan sifat manusia biasa dan tidak memperbanyak akan mukjizat. Mereka berdalih dengan firman Allah ﷻ,

وَأَقْسَمُوا بِاللَّهِ جَهْدَ أَيْمَانِهِمْ لَئِنْ جَاءَتْهُمْ آيَةٌ لَيُؤْمِنُنَّ بِهَا ۚ قُلْ إِنَّمَا الْآيَاتُ عِنْدَ اللَّهِ ۖ وَمَا يُشْعِرُكُمْ أَنَّهَا إِذَا جَاءَتْ لَا يُؤْمِنُونَ
[سورة اﻷنعام 109]

_"Katakanlah: Sesungguhnya mukjizat-mukjizat itu hanya berada di sisi Allah. Dan apakah yang memberitahukan kepadamu bahwa apabila mukjizat datang mereka tidak akan beriman"._

Dengan ayat ini juga mereka memberikan pengertian kepada orang bahwasanya Sirah Nabawiyah atau sejarah kenabian itu sangat jauh dari mu'jizat-mu'jizat. Ucapan mereka ini kalau kita telusuri adalah ucapannya orang-orang orientalis dan orang-orang di luar Islam. Mereka mempunyai anggapan yang salah karena mereka tidak beriman kepada Allah ﷻ Sang Pencipta Mu'jizat. Sebab kalau mereka beriman kepada Allah ﷻ, maka akan sangat mudah mempercayai mu'jizat dan perkara yang aneh.

Supaya mempermudah untuk mengarahkan orang-orang Islam menerima pendapat ini maka mereka menyebarkan pemahamahan bahwa Nabi ﷺ adalah 'Muhammad Sang Jenius', 'Muhammad Sang Pemimpin',  'Muhammad Sang Pahlawan' dan lain sebagainya. Mereka bertujuan menjauhkan kata "Muhammad seorang Nabi dan Rasul". Karena kenabian dan kerosulan itu adalah mu'jizat itu sendiri.

Kalau kita melihat sejarah Nabi ﷺ maka akan dengan mudah kita melihat mu'jizat-mu'jizat yang terjadi pada Nabi ﷺ dan sangat mudah kita menemui hadis-hadits mutawatir tentang mu'jizat seperti terbelahnya rembulan, seperti keluarnya air dari jari-jari Nabi ﷺ sehingga membuat hilangnya dahaga sahabat-sahabat-Nya dan mu'jizat Isra Mi'raj tidak bisa terbantahkan lagi.

Mari kita memperbanyak sholawat di bulan kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.

اللهم صلِ على سيدنا محمد و على اله وصحبه وسلم

0 komentar:

Posting Komentar