6.Permulaan Wahyu

*Pelajaran sejarah nabi 6*
Permulaan Wahyu

Pertama kenabian Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam di mulai dengan mimpi yang bagus, Nabi SAW sering dapat mimpi yang mimpi tersebut menjadi kenyataan pada besok harinya.
Setelah itu Nabi SAW disenangkan untuk berkhalwah (menyendiri) di gua hiro, Nabi. SAW beribadah di gua hiro beberapa malam lalu pulang ke rumah Khodijah untuk membawa bekal lagi untuk kholwah selanjutnya, sehingga datanglah Wahyu kenabian Ketika Nabi SAW berkhalwat di gua hiro tadi, Datanglah Malaikat Jibril dengan membawa surat Iqro bismirobbikalladzi kholaq.
Nabi SAWsangat takut dengan kedatangannya Malaikat Jibril ini lalu bergegas pulang kerumah khodijah sambil berkata: selimutilah aku, selimuti lah aku !!
lalu Khotijah memberikan selimut sehingga hilang rasa ketakutan itu, Nabi SAW setelah menceritakan kejadiannya, Beliau berkata: "Saya takut akan diriku".Khotijah: tidak usah takut, Demi Allah engkau tidak akan dihinakan oleh Allah SWT selamanya, engkau selalu bersilaturahim memberikan kemudahan bagi orang yang susah, memberikan kerjaan orang yang tidak mempunyai kerjaan, menghormati tamu dan menolong orang yang kena musibah.
Lalu Khodijah membawanya pada seorang yang sudah tua, waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul uzza, seorang nasrani yang tahu akan kitab Injil yang karena sangat tuanya sehingga matanya telah buta. Setelah Nabi SAW menceritakan apa yang dia lihat, waroqoh berkata: ini adalah namus (Jibril) yang turun kepada Nabi Musa, Seandainya saya masih muda aku akan menolongmu ketika kamu di keluarkan oleh kaum mu. Nabi SAW: "Apakah mereka mengeluarkanku ?".
waroqoh: benar, tidak ada orang yang datang sepertimu kecuali dia dimusuhi, kalau saya Seandainya aku menemui harimu maka aku akan menolongmu dengan pertolongan yang kuat tidak lama waroqoh Tadi meninggal dunia.

🔷Dari sepotong cerita Nabi besar muhammad shallallahu alaihi wa sallam tadi, kita bisa mengambil pelajaran bahwasannya Wahyu adalah pembeda antara Seorang Nabi dan seorang manusia yang pintar dan jenius.
Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah seorang Nabi, apa yang disampaikan adalah wahyu dari Allah ta'ala bukan dari pikirannya sendiri dan Quran bukan buatan Muhammad.
Cerita ini yang menggambarkan bagaimana ada seseorang yang datang kepada Nabi saw namanya Malaikat Jibril lalu waroqoh bin Naufal juga menceritakan bahwasannya yang datang itu Bukan pikiran Nabi saw, bukan Jin akan tetapi malaikat Jibril yang diutus oleh Allah ta'ala untuk mendatangi para nabi-nabinya.
Cerita ini menolak anggapan orang-orang kafir dan orang-orang orientalis yang mengatakan bahwasanya Nabi SAW itu seorang filosof yang selalu berpikir dan selalu berpikir sehingga terkumpullah ide-ide Cemerlang untuk membuat suatu agama yang baru. Juga sebagian mereka mengatakan bahwasanya Nabi SAW itu belajar al-quran dari seseorang, bahkan ada yang mengatakan bahwasannya Muhammad adalah orang yang terkena jin dan gila. Semua anggapan ini terbantahkan dengan cerita permulaan datangnya wahyu kepada Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam,  apa yang dikatakan orang-orang kafir dan orientalis tadi itu tidak lain adalah suatu khayalan yang membentur tembok kebenaran dan fakta kenabian.

😍Mari kita memperbanyak shalawati di bulan kelahiran nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam.
😍Allahumma sholli Alaihi wa ala alihi wa shohbihi wa sallam.

0 komentar:

Posting Komentar