2.giat bekerja

💎 *Pelajaran Sejarah Nabi 2* 💎

*NABI ﷺ GIAT BEKERJA*

Ketika Nabi Muhammad ﷺ menginjak dewasa, beliau menggembala kambing dengan upah beberapa _qirot_ yang sedikit menurut ukuran orang Makkah.

Suatu ketika, beliau sedang menggembalakan kambing di luar kota Makkah. Nabi ﷺ mengatakan sesuatu kepada teman penggembalanya, _"Kawanku awasilah kambing-kambingku, aku akan masuk ke Makkah untuk begadang malam sebagaimana teman-teman sebayaku"_. Ketika beliau sampai di pinggiran kota Makkah, beliau mendengarkan suara musik, lalu beliau bertanya, _"Ada apa ini?"_. Dijawab, _''Ini ada pesta penganten"_.

Kemudian beliau melihat pesta tadi, seketika itu beliau tertidur dengan nyenyak sehingga beliau bangun karena terkena panasnya matahari. Kejadian ini terulang besok harinya dan sama persis dengan kejadian sebelumnya.

📝 Cerita diatas  menunjukkan tinggi dan pekanya perasaan Nabi Muhammad ﷺ. Beliau telah diperhatikan dan dicukupi oleh pamannya. Paman beliau, Abu Thalib, seperti bapak kandungnya sendiri. Akan tetapi beliau tidak mau merepotkan pamannya itu. Sehingga ketika beliau sudah merasa bisa untuk bekerja, maka beliau melakukan pekerjaan itu untuk meringankan beban pamannya tadi.

📝 Cerita di atas juga menunjukkan kalau seorang yang berdakwah itu harus mempunyai pekerjaan yang layak dan yang bisa mendatangkan uang yang baik. Uang yang baik adalah uang yang diterima seseorang karena berkhidmah kepada masyarakat. Dan uang yang jelek adalah uang yang dihasilkan tanpa ada jerih payah untuk memperbaiki lingkungan dan masyarakat di sekelilingnya.

Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dari Nabi ﷺ sebab datangnya hari kelahiran Nabi ﷺ. Mari kita memperbanyak shalawat di bulan kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.

_Allahumma sholli wasallim 'ala Sayyidina Muhammad wa 'ala alihi wa shohbihi wa sallam_

0 komentar:

Posting Komentar