4.Ikut Membangun Ka'bah

*Pelajaran sejarah nabi 4*
*IKUT SERTA DALAM PEMBANGUNAN KA'BAH*

ketika umur nabi shallallahu alaihi wa sallam 35 tahun, Nabi SAW ikut serta dalam pembangunan ka'bah yang telah roboh karena dimakan usia dan terkena banjir bandang. Nabi SAW dalam keikut sertaan ini bukan cuma menonton, akan tetapi beliau mengangkat sendiri batu-batu bersama yang lain. Nabi saw dalam kesempatan ini telah menyelesaikan pertentangan antara kaum Quraisy tentang siapa yang berhak untuk meletakkan hajar aswad pada tempatnya di situ semua orang quraisy sepakat bahwa yang paling berhak untuk meletakkan hajar aswad pada tempatnya adalah rosulullah shallallahu alaihi wa sallam, lalu Nabi SAW meletakkan hajar aswad pada sebuah surban lalu Nabi SAW memerintahkan semua perwakilan golongan Quraisy untuk mengangkat sorban tadi, setelah dekat dengan tempat hajar aswad maka Nabi SAW mengambil hajar aswad dan meletakkan pada tempatnya.

🔷 Dalam cerita ini kita bisa mengambil pelajaran bahwasanya Nabi sallallahu alaihi wasallam itu dikaruniai oleh Allah Ta'ala keistimewaan berupa kecerdasan dan kemampuan untuk menyelesaikan segala masalah, Kita harus meyakini bahwasanya keistimewaan ini karena Nabi SAW adalah utusan Allah Ta'ala, bukan karena keistimeewaan tadi itu keluar dari pribadinya Nabi SAW.

🔷Cerita ini juga menunjukkan bahwasanya orang-orang Quraisy mengakui akan kejujuran dan ketinggian akhlak rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Maka ketika nanti Nabi SAW mengajak mereka untuk beriman kepada  Allah ta'ala dan mereka tidak mau beriman, itu bukan karena mereka tidak yakin akan kenabian Nabi SAW, akan tetapi karena kesombongan yang menancap pada diri orang-orang Quraisy.

*mari kita memperbanyak shalawati di bulan kelahiran nabi muhammad shallallahu alaihi wasallam.
Allahumma sholli Alaihi wa ala alihi wa shohbihi wa sallam*

0 komentar:

Posting Komentar