9.Siksaan pada nabi

💎 *Pelajaran Sejarah Nabi 9* 💎

*SIKSAAN KEPADA NABI ﷺ*

Orang-Orang Quraisy menimpakan siksa kepada Nabi ﷺ dan para sahabatnya. Nabi ﷺ mendapatkan banyak sekali siksaan dari orang-orang Quraisy. Salah satu siksaan itu, ketika Nabi Muhammad ﷺ di depan Ka'bah, tiba-tiba ada seorang Quraisy yang bernama 'Uqbah bin Abi Muait menjadikan pakaiannya untuk mencekik leher Nabi ﷺ dengan cekikan yang sangat kuat. Pada waktu itu Abu Bakar sedang berada di situ, kemudian dia menarik 'Uqbah dan menjauhkan dari Nabi ﷺ sambil berkata: "Apakah engkau akan membunuh seseorang yang berkata tuhanku adalah Allah ﷻ?"

Diceritakan lagi, ketika Nabi ﷺ sedang sujud dan dikelilingi oleh orang-orang Quraisy, datanglah 'Uqbah bin Abi Muait dengan kotoran unta yang telah di sembelih, lalu meletakkan kotoran itu di punggung Nabi ﷺ. Nabi ﷺ tidak mengangkat kepalanya sehingga datanglah Fatimah radliyallahu 'anha, kemudian membersihkan punggungnya dari kotoraan seraya mendoakan jelek kepada orang yang melakukan itu.

Dan masih banyak cerita  akan siksaan-siksaan orang-orang Quraisy kepada Nabi ﷺ. Sahabat-sahabat Nabi ﷺ juga tertimpa siksaan-siksaan yang sangat pedih, sebagian mereka ada yang meninggal, sebagian dari mereka ada yang buta. Namun semua itu tidak mematahkan semangat mereka dan tidak menjadikan mereka keluar dari agama Allah ﷻ.
Salah satu cerita dari siksaan itu, ada salah satu sahabat Nabi ﷺ yang bernama Khobbab Bin Aritt, beliau menghadap kepada Nabi ﷺ ketika Nabi ﷺ sedang ada di depan ka'bah, lalu dia berkata, "Wahai Nabi, kita telah mendapatkan siksaan yang sangat berat dari orang-orang Quraisy, alangkah baiknya engkau mendoakan kepada kita. Seketika itu Nabi ﷺ merah wajahnya tanda akan kemarahan. Nabi ﷺ menjawab, "Sungguh orang-orang sebelum kamu itu dikerok dengan besi tapi semua itu tidak menjadikan mereka keluar dari agama Allah ﷻ. Allah ﷻ akan menyempurnakan agama ini sehingga ada orang yang naik kendaraan dari kota Shon'a ke kota Hadramaut tidak takut kecuali kepada Allah ﷻ".

Nabi Muhammad  ﷺ dan sahabat-sahabat-Nya adalah kekasih Allah ﷻ, akan tetapi Allah ﷻ tetap menimpakan kepada mereka siksaan dan cobaan-cobaan yang sangat pedih.
Hikmah dari cobaan cobaan ini adalah:

1. Supaya kelihatan sifat kehambaannya kepada Allah ﷻ.
2. Supaya kelihatan perintah-perintah kewajiban Allah ﷻ kepadanya.
3. Supaya kelihatan antara orang yang benar dalam penghambaannya kepada Allah ﷻ dan orang yang bohong dalam penghambangannya.

Seandainya Allah ﷻ membiarkan manusia mengaku Islam dan mengaku cinta kepada Allah ﷻ tanpa ada cobaan dan fitnah maka akan sama antara orang jujur dan yang mengaku saja.

😍 Mari kita memperbanyak shalawat di bulan kelahiran Nabi Muhammad ﷺ.
😍Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala AaliHi wa ShohbiHi wa sallim.

0 komentar:

Posting Komentar